Artikel Detail

Tahun 2020 PDAM Bengkalis Perluas Jaringan
  2019-10-22 17:35:39    Dibaca : 472

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Terubuk Bengkalis pada tahun 2020 akan memperluas jaringan penggunaan air PDAM. Perluasan ini menyusul bantuan dari Kementerian PUPR dengan Bank Dunia untuk perluasan jaringan air PDAM Tirta Terubuk.

 

Hal ini diungkap Direktur PDAM Bengkalis Jufrizal kepada sejumlah wartawan, Senin (21/10/2019). Menurut dia, bantuan ini akan mulai dikerjakan oleh Kementerian PUPR melalui Balai Air Minum Provinsi Riau pada tahun depan.

 

"Kita hanya sebagai user atau pengguna saja. Pembangunan jaringannya akan dikerjakan oleh Balai Air Minum Provinsi, setelah selesai pada tahun 2021 mendatang akan kita gunakan," terang Jufrizal.

 

Program bantuan ini bernama National Urban Water Supply Project (NUWSP) dimana pihak bank dunia memberikan pinjaman kepada pemerintah pusat untuk membangun pengelolaan air minum. Untuk Bengkalis yang mendapat bantuan sebanyak dua kecamatan yakni Bengkalis dan Bukit Batu.

 

"Kecamatan Bengkalis dan Bukit Batu yang akan dibangunkan jaringan dengan program NUWSP ini. Total anggaran hibah akan dikucurkan sebesar Rp39 miliar," terang Jufrizal.

 

Sebelum mengucurkan hibah ini, tim dari Kementerian beberapa waktu lalu sudah melakukan survei ke Bengkalis. Hasil survei tersebut akhirnya bantuan hibah jaringan akan direalisasikan.

 

"Memang sempat terkendala oleh kondisi waduk kita saat ini. Namun setelah kita jelaskan tahun 2020 akan ada rehabilitasi waduk, mereka akhirnya jadi menyalurkan hibah dengan program NUWSP tersebut tahun depan akan mulai dilelang," terangnya.

 

Dengan adanya tambahan jaringan ini pihak PDAM Tirta Terubuk menargetkan tahun 2020 akan ada penambahan cakupan pelanggan. Untuk kecamatan Bengkalis saja saat ini cakupan pelanggan hanya sekitar 3.200 pelanggan, dengan adanya tambahan jaringan PDAM 2021 nantinya bisa mencakup sebanyak 7.000 pelanggan di kecamatan Bengkalis.

 

"Begitu juga untuk kecamatan Bukit Batu akan ada peningkatan cakupan pelanggan yang bertambah," cakapnya.

 

Sumber: http://sim.ciptakarya.pu.go.id/bppspam/detail_berita/632

 

Share On :

  • Direktorat Air Minum,
    Ditjen Cipta Karya,
    Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,
    Jl. Pattimura No. 20 Kebayoran Baru,
    Jakarta 12110.


  • 021-72796907

  • cpmunuwsp@gmail.com
    Visitor
  • Total:409,794
  • Bulan Ini :6,801
  • Seminggu Terakhir :2,689
  • Hari ini :190