Artikel Detail

Warga Desa Dukuh, Kabupaten Sragen Bersyukur Atas Adanya Penyediaan Air Minum Program NUWSP
  2022-03-11 04:19:35    Dibaca : 671

National Urban Water Supply yang dicanangkan oleh pemerintah, sangat membantu masyarakat Desa akan kebutuhan air layak minum.

Selama lebih dari 10 tahun warga Desa Dukuh, Kecamatan Tangen, Kabupaten Sragen mengalami kesulitan dalam mengakses air minum yang layak konsumsi. Dalam memenuhi kebutuhan airnya melalui sumur pribadi, mengambil dari sumber mata air yang berjarak 1-3 km, bahkan membeli air bersih jerigen kepada supplier yang harganya cukup mahal.

Desa Dukuh dan Katelan di Kecamatan Tangen serta Desa Ngepringan di Kecamatan Jenar merupakan tiga desa yang menjadi lokasi pelayanan untuk menikmati akses air minum dari Perumda AM Tirto Negoro melalui program NUWSP dengan pembangunan pipa sepanjang 3,3 km. Adapun target dari program NUWSP ini adalah terpasangnya 1600 SR baru.

Menurut penuturan Ibu Murtini, selama ini Ia dan keluarga cukup kesulitan mendapat air terutama saat musim kemarau. Sumur yang dimiliki memiliki kandungan kapur yang tinggi sehingga tidak dapat digunakan sebagai air minum konsumsi. Saat musim kemarau pun keluarga Ibu Murtini sangat kekurangan air karena sumur rumah yang dimilikinya mengering, bahkan ia dan keluarga perlu mengambil air dari sendang yang berjarak 3 km dari rumahnya. Setelah pemasangan SR baru sangat dirasakan manfaat dari program NUWSP ia sangat bersyukur karena akses air minum sekarang sangat mudah (tidak perlu menimba sumur ataupun mengambil dari sendang yang berjarak cukup jauh dari rumahnya yaitu 3 km).

#nuwsp
#ditairminum
#watersupply

Share On :

  • Direktorat Air Minum,
    Ditjen Cipta Karya,
    Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,
    Jl. Pattimura No. 20 Kebayoran Baru,
    Jakarta 12110.


  • 021-72796907

  • cpmunuwsp@gmail.com
    Visitor
  • Total:405,611
  • Bulan Ini :2,618
  • Seminggu Terakhir :2,618
  • Hari ini :128